$type=grid$count=3$cate=0$rm=0$sn=0$au=0$cm=0 $show=home

Fokus pada KUALITAS Produk Anda untuk Membantu Orang Lain

BAGIKAN:

Bagaimana berfokus pada kualitas produk untuk memberi kebermanfaatan bagi pengguna produk dan atau jasa anda

Pengantar

Produk atau hasil karya, baik yang berupa barang maupun jasa yang berkualitas, akan terus dicari walaupun tempatnya tersembunyi dan harganya mahal. Seperti gula yang manis, sampai kapanpun akan diburu oleh semut walau dimanapun tempatnya. Artinya dengan kualitas yang baik dan terjaga, sebuah usaha tidak akan pernah mati, apapun keadaannya, dimanapun tempatnya, kecuali dikehendaki Allah.

Arti Kualitas

Kualitas berbanding lurus dengan kebermanfaatan

Dengan demikian kualitas menjadi hal yang begitu penting untuk menjadi perhatian bagi siapa saja penghasil barang dan jasa. Karena kualitas merupakan "penentu" seberapa bermanfaat sebuah produk atau jasa bagi orang lain. Semakin berkualitas berarti semakin bermanfaat bagi penggunanya.

Kualitas adalah cermin

Kualitas sebuah produk dan atau jasa merupakan cerminan pembuatnya. Produk anda cerminan kualitas anda. Jika anda membiarkan produk anda dengan kualitas rendah beredar, itu sebenarnya anda sedang memberitahu kepada khalayak kualitas anda. Pastikan hanya produk dan atau jasa anda yang berkualitas yang sampai kepada masyarakat.

Unsur Kualitas

Untuk membangun kualitas yang diharapkan, ada beberapa hal yang harus diurus, diantaranya :

Kualitas bahan

Salah satu unsur kualitas adalah bahan produk atau jasa. Banyak produk yang tidak memperhatikan kualitas bahannya. Bahan yang murah dan tidak berkualitas akan menghasilkan produk yang demikian adanya. Pastikan anda menggunakan bahan yang baik kalau bisa yang terbaik. Pada kenyataannya antara bahan yang berkualitas rendah, sedang dan tinggi harganya tidak terpaut jauh. Jangan demi membanting harga anda menggunakan bahan seadanya. 

Kualitas pembuatan

Penentu kualitas produk selanjutnya adalah kualitas pembuatan, yang meliputi proses, cara dan standart operationg procedure (SOP) yang memperhatikan detil akan menghasilkan produk yang hebat dan konsisten. Pastikan produk anda diolah atau diproses dengan cara yang terbaik yang terdokumentasi dalam aturan SOP untuk mempertahankan kualitas secara konsisten. Untuk menghasilkan SOP memang tidak dihasilkan secara instant, namun ada baiknya anda terus melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas SOP anda yang itu berarti meningkatkan kualitas produk anda.

Kemasan

Jangan pernah mengabaikan kemasan produk anda. Karena kemasan akan menentukan harga produk anda. Bahkan produk yang berkualitas akan terkesan murahan jika dikemas seadanya. Sebalikya produk yang tidak berkualitas bisa terkesan mahal dengan dikemas secara istimewa. Banyak penghasil barang dan jasa yang mengabaikan hal penting yang satu ini, walau sebenarnya kemasan yang baik tidak begitu mahal. Kemasan merupakan finishing dari kerja keras anda membangun produk dari nol hingga dipasarkan atau dipublikasikan. Pastikan anda fokus pada yang satu ini.

Bangun Brand

Sebenarnya brand tidak masuk dalam unsur kualitas, namun brand akan meningkatkan kepercayaan masyarakat (trust). Produk yang sama sama dikemas baik dan diberi label akan lebih dipercaya masyarakat dibandingkan yang kosongan. Keberadaan brand juga akan mendorong anda untuk tidak bermain main dengan kualitas, karena brand merupakan hasil harya yang anda bangun dalam waktu yang tidak sebentar dan berproses lama dengan hambatan serta tantangan yang tidak mudah.

After Sales Services (ASS)

ASS merupakan layanan pasca pembelian produk atau jasa anda untuk memastikan bahwa pelanggan telah memanfaatkan atau menerima manfaat yang anda janjikan pada diskripsi produk atau jasa. ASS bisa berupa hotline service atau kontak layanan pelanggan yang bisa dengan mudah dihubungi oleh pelanggan untuk  konsultasi mengenai produk atau jasa anda. Dengan demikian maka kualitas produk anda telah paripurna mmeberikan kebermanfaatan bagi masyarakat pengguna produk atau jasa anda.

Credit :

Penulis : Narisha A

Gambar Ilustrasi : Canva

Komentar

Nama

Banking,10,Falsafah,12,Legalitas,11,Manajemen,18,Online,19,Peluang Usaha,14,Wawasan,15,
ltr
item
UMKM Media: Fokus pada KUALITAS Produk Anda untuk Membantu Orang Lain
Fokus pada KUALITAS Produk Anda untuk Membantu Orang Lain
Bagaimana berfokus pada kualitas produk untuk memberi kebermanfaatan bagi pengguna produk dan atau jasa anda
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_PUCciIt54plWx_xajI0S4tcpSw3Ldn5bJJg8FriYHqwOELFQJB1mm-R4v_WstjH6MPt_jt8u1oZVEdJGditUYxmHbHkcV9w-8dgiJepu_3SUiBgSDjDx37DBMuWNy8M4g_IM71jKZpM/s1280/businessman-3075839_1280.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_PUCciIt54plWx_xajI0S4tcpSw3Ldn5bJJg8FriYHqwOELFQJB1mm-R4v_WstjH6MPt_jt8u1oZVEdJGditUYxmHbHkcV9w-8dgiJepu_3SUiBgSDjDx37DBMuWNy8M4g_IM71jKZpM/s72-c/businessman-3075839_1280.jpg
UMKM Media
https://www.umkm.biz.id/2021/07/fokus-pada-kualitas-produk-anda-untuk-membantu-orang-lain.html
https://www.umkm.biz.id/
https://www.umkm.biz.id/
https://www.umkm.biz.id/2021/07/fokus-pada-kualitas-produk-anda-untuk-membantu-orang-lain.html
true
6097531303048714164
UTF-8
Tampilkan semua artikel Tidak ditemukan di semua artikel Lihat semua Selengkapnya Balas Batalkan balasan Delete Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat semua MUNGKIN KAMU SUKA LABEL ARSIP CARI SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel yang anda cari Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec sekarang 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan lalu Fans Follow INI ADALAH KNTEN PREMIUM STEP 1: Bagikan ke sosial media STEP 2: Klik link di sosial mediamu Copy semua code Blok semua code Semua kode telah dicopy di clipboard mu Jika kode/teks tidak bisa dicopy, gunakan tombol CTRL+C Daftar isi