Daftar iklan online berbayar untuk membantu pemasaran produk dan jasa para pelaku UMKM dengan biaya terjangkau
Jika anda sudah memiliki akun sosial media dan belum menghasilkan penjualan yang anda harapkan, jangan khawatir karena sosial media memang butuh waktu untuk mengumpulkan follower dan konsistensi anda dalam mengupdate postingan di sosial media anda yang tentu tidak mudah. Namun jika anda menginginkan penjualan dan hasil lebih cepat, anda bisa mencoba iklan berbayar yang disediakan oleh sosial media yang anda ikuti.
Alasan Menggunakan Iklan Berbayar
Media sosial memberi peluang kepada anda untuk melakukan promosi secara gratis, jika demikian untuk apa menggunakan iklan yang berbayar? Ada beberapa alasan kenapa anda harus mencoba iklan berbayar sedangkan anda sudah bisa beriklan secara gratis, diantaranya yaitu :
Menjangkau lebih banyak
Iklan berbayar bisa menjangkau pemirsa lebih banyak dari follower yang sudah anda miliki. Iklan berbayar bisa menjangkau orang orang yang bukan follower anda. Dengan iklan berbayar, promo anda akan dibaca oleh pemirsa yang lebih luas.
Penargetan iklan
Iklan berbayar memiliki fitur yang memungkinkan anda melakukan penargetan terhadap iklan yang akan anda tayangkan. Ada beberapa jenis penargetan, diantaranya :
Penargetan pemirsa
Penargetan pemirsa dapat dikategorikan menjadi beberapa diantaranya
Demografi
Menargetkan iklan berdasarkan tingkat kepopuleran produk dan layanan di kalangan pengguna dengan lokasi, usia, jenis kelamin, dan jenis perangkat tertentu.
Minat
Pengiklan dengan kampanye TV dapat memperluas kampanye secara online dan menjangkau audiens menggunakan Google Penelusuran atau Display Network.
Dalam-pasar
Menampilkan iklan kepada pengguna yang mencari produk dan layanan seperti milik Anda. Pengguna ini mungkin mencari untuk melakukan pembelian atau sebelumnya pernah melakukan pembelian dan masih cukup tertarik untuk berinteraksi dengan iklan Anda.
Niat kustom
Memilih kata atau frasa yang terkait dengan orang-orang yang paling mungkin berinteraksi dengan situs Anda dan melakukan pembelian dengan menggunakan "audiens niat kustom". Selain kata kunci, audiens niat kustom memungkinkan Anda menambahkan URL untuk situs, aplikasi, atau konten YouTube yang terkait dengan minat audiens Anda.
Audiens serupa
Memperbanyak audiens Anda dengan menargetkan pengguna yang memiliki minat serupa dengan minat pengguna di daftar pemasaran ulang Anda. Pengguna ini tidak mencari produk atau layanan Anda secara langsung, tetapi minat yang serupa dapat membuat mereka berinteraksi dengan iklan.
Pemasaran ulang
Menargetkan pengguna yang pernah berinteraksi dengan iklan, situs, atau aplikasi Anda sehingga mereka akan lebih sering melihat iklan Anda. Pengguna ini dapat berada di tahap konversi mana pun, selama mereka pernah mengunjungi situs atau mengklik iklan Anda. Pengguna ini bahkan dapat kembali untuk menyelesaikan pembelian
Penargetan konten
Penargetan konten dapat dikategorikan berdasarkan:
Penempatan
Menargetkan situs di Display Network yang dikunjungi pelanggan. Jika Anda memilih jenis penargetan ini, Google Ads hanya akan melihat situs pilihan Anda (penempatan terkelola) saat menelusuri situs yang relevan. Tidak seperti penargetan kontekstual (penempatan otomatis), penargetan penempatan tidak memerlukan kata kunci. Penempatan dapat berupa seluruh situs atau sub-bagian situs.
Kata kunci konten
Memilih kata yang relevan dengan produk atau layanan Anda untuk menargetkan pengguna yang melakukan penelusuran menggunakan istilah yang sama. Anda dapat menyesuaikan serangkaian kata kunci untuk secara manual menjangkau demografi tertentu atau memenuhi sasaran tertentu. Misalnya, Anda dapat mengubah kata kunci agar sesuai dengan minat musiman atau memaksimalkan penjualan.
Ekspansi display untuk penelusuran
Memungkinkan Google Ads menemukan pengguna untuk Anda dengan kombinasi bidding otomatis dan penargetan yang efektif. Ekspansi display berguna untuk kampanye Penelusuran dan Display/Video, menargetkan momen dengan performa tinggi untuk memberikan hasil terbaik.
Topik
Menargetkan satu iklan ke beberapa halaman tentang topik tertentu sekaligus. Penargetan topik memungkinkan Anda menjangkau beragam halaman di Display Network. Google Ads menganalisis konten web dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti teks, bahasa, struktur link, dan struktur halaman. Kemudian, Google Ads menentukan tema sentral dari setiap halaman dan menargetkan iklan berdasarkan pilihan topik Anda.
Penargetan perangkat
Komputer: Menargetkan pengguna yang melihat konten di komputer desktop dan laptop dengan ukuran layar minimum 7 inci.
Seluler: Menargetkan pengguna di smartphone.
Tablet: Menargetkan pengguna di perangkat seluler yang tidak mencakup ponsel.
Layar TV: Menargetkan pengguna di perangkat yang melakukan streaming konten TV seperti smart TV, konsol game, dan perangkat yang tersambung seperti Chromecast. Penargetan layar TV hanya untuk kampanye video.
Biaya sesuai budget
Tanpa follower
Anda dapat memulai beriklan bahkan jika akun anda belum memiliki follower sama sekali, anda dapat langsung mulai beriklan.
Tempat Beriklan
Ada 3 Iklan online berbayar yang populer dan bisa anda gunakan untuk membantu penjualan anda, diantaranya :
2. Facebook Ads
3. Instagram Ads
Komentar