link

$type=grid$count=3$cate=0$rm=0$sn=0$au=0$cm=0 $show=home

SI APIK :: Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan UMKM

BAGIKAN:

Aplikasi mobile untuk pencatatan transaksi keuangan harian bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah

Masalah yang sering dihadapi pelaku usaha kecil menengah adalah pencatatan keuangan yang sering bercampur dengan keuangan pribadi. Hal ini menyulitkan perhitungan rugi laba karena keuangan yang tidak tercatat. Melihat situasi ini, Bank Indonesia meluncurkan aplikasi yang diberi nama SI APIK, Aplikasi akuntansi (pencatatan informasi keuangan) bagi usaha mikro dan kecil. Aplikasi ini bertujuan membantu pelaku usaha untuk pencatatan keuangan hanya dari genggaman HP. Aplikasi ini sudah bisa didownload melalui Google Play secara GRATIS Tanpa Syarat dengan segudang fitur premium yang sangat membantu sebagai berikut :

  • Tanpa batasan jumlah transaksi yang bisa dicatat
  • Tanpa batasan jumlah entitas usaha yang Anda miliki
  • Tanpa batasan jumlah entitas usaha di setiap sektor
  • Tanpa batasan jumlah barang, bahan material, jenis jasa
  • Tanpa batasan jumlah pemasok, jumlah pelanggan
  • Tanpa batasan periode melihat laporan keuangan
  • Tanpa koneksi internet

Aplikasi pembukuan ini dapat mencatat jenis transaksi sederhana bagi usaha perorangan (usaha mikro) maupun juga usaha kecil. Perbedaan pencatan usaha mikro dibandingkan usaha kecil terletak pada kompleksitas pencatatan dan laporan keuangan. Usaha Mikro hanya mencatat dan melaporkan sumber dan penggunaan dana, sementara usaha kecil menengah (UKM) menyusun laporan yang lebih lengkap seperti laporan laba rugi, arus kas dan neraca.

Standard pencatatan tersebut mengacu kepada standard yang disusun oleh Bank Indonesia bersama Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Jadi, sistem pencatatannya sudah baku, diakui dan dapat diterima oleh perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Dengan demikian, laporan-laporan dari aplikasi ini akan dijadikan landasan bagi pengajuan pembiayaan (kredit) kepada perbankan maupun lembaga keuangan lainnya.

Pencatatan dalam aplikasi ini mencatat double entry (debit-kredit) dengan sistem input single entry atau menurut jenis-jenis transaksinya, bukan menginput berdasarkan akun-akun yang merumitkan. Pengguna tidak perlu memilih transaksi debit dan lawan transaksi kreditnya. Pengguna hanya perlu mengkategorikan apakah transaksi yang akan dicatat termasuk penerimaan atau pengeluaran.

Aplikasi pencatatan keuangan UMKM ini dapat digunakan oleh pelaku usaha mikro perorangan dan pelaku usaha kecil sektor jasa, perdagangan, pertanian, maupun manufaktur. Pencatatan persediaan bibit-pupuk-obat hama sektor pertanian, persediaan bahan material sektor manufaktur dan persediaan barang sektor perdagangan menggunakan metode FIFO yang tidak merumitkan pengguna.

Aplikasi akuntansi bagi UKM ini dapat menyajikan laporan keuangan seperti Neraca, Laba Rugi, Arus Kas dan Rincian Pos Keuangan. Di samping itu, PTK juga dilengkapi dengan laporan kinerja keuangan mencakup solvabilitas, likuiditas, profitabilitas, perputaran modal kerja, kinerja operasional dan repayment capacity dengan penjelasan yang ringkas dan mudah dipahami.

Selain tersedia dalam format aplikasi mobile, SI APIK juga tersedia dalam versi web, bagi anda yang kurang nyaman dengan kecilnya layar HP, bisa menggunakan versi web di laptop atau komputer untuk memudahkan anda. Hanyasaja anda memerlukan koneksi internet untuk mengakses yang versi web.

Gambar 1. Tampikan SI APIK versi Android

Gambar 2. Pemilihan Kategori Usaha

Gambar 3. Fitur multiusaha SI APIK

Dengan aplikasi ini, para pengusaha mikro kecil tidak perlu memikirkan rumitnya laporan keuangan tahunan maupun bulanan, semua sudah tersaji secara otomatis. Pengusaha mikro kecil serasa memiliki seorang akuntan yang handal yang siap memberika laporan rugi laba, neraca dan berbagai jenis laporan lainnya kapan saja. Dengan pencatatan keuangan yang lebih teratur, diharapkan usaha mikro kecil dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat, yang pada akhirnya bisa meningkatkan perekonomian nasional. 


Credit :

Penulis : Narisha A

Gambar Ilustrasi : Canva





Komentar

Nama

Banking,10,Falsafah,11,Legalitas,11,Manajemen,14,Online,15,Peluang Usaha,13,Wawasan,10,
ltr
item
UMKM Media: SI APIK :: Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan UMKM
SI APIK :: Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan UMKM
Aplikasi mobile untuk pencatatan transaksi keuangan harian bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZMeZlNjonUZlGUbJSokzzToZ_L5iz0vXdmhz1hucopBpikbFrZxPLUCj_ffEGcs1Zzwx1ZNE2f6kPvLHjEAOfdoltse-dMdIXuwf-tfN6VhhlGhamDFfMSNFkzZqQFYLQBacSS6f9A00/s1280/entrepreneur-1340649_1280.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZMeZlNjonUZlGUbJSokzzToZ_L5iz0vXdmhz1hucopBpikbFrZxPLUCj_ffEGcs1Zzwx1ZNE2f6kPvLHjEAOfdoltse-dMdIXuwf-tfN6VhhlGhamDFfMSNFkzZqQFYLQBacSS6f9A00/s72-c/entrepreneur-1340649_1280.jpg
UMKM Media
https://www.umkm.biz.id/2021/07/si-apik-aplikasi-pencatatan-informasi.html
https://www.umkm.biz.id/
https://www.umkm.biz.id/
https://www.umkm.biz.id/2021/07/si-apik-aplikasi-pencatatan-informasi.html
true
6097531303048714164
UTF-8
Tampilkan semua artikel Tidak ditemukan di semua artikel Lihat semua Selengkapnya Balas Batalkan balasan Delete Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat semua MUNGKIN KAMU SUKA LABEL ARSIP CARI SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel yang anda cari Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec sekarang 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan lalu Fans Follow INI ADALAH KNTEN PREMIUM STEP 1: Bagikan ke sosial media STEP 2: Klik link di sosial mediamu Copy semua code Blok semua code Semua kode telah dicopy di clipboard mu Jika kode/teks tidak bisa dicopy, gunakan tombol CTRL+C Daftar isi